Cara Membentuk Karakter Suara Burung Pleci

Cara membentuk karakter suara burung pleci maupun cara membentuk karakter mental burung pleci, sebenarnya telah banyak dibahas oleh para suhu pleci dan plecimania lainnya. Namun, dalam kesempatan ini, saya akan berbagi tips dan trik cara membentuk karakter suara burung pleci berdasarkan pengalaman orang yang suka menangkap burung pleci langsung dialamnya. Sehingga kebiasaan-kebiasaan burung pleci dialam dapat diketahui berdasarkan pengamatan dan pengalaman secara langsung.
Cara Membentuk Karakter Suara Burung Pleci

Adapun cara membentuk karakter suara burung pleci menurut pengalaman adalah:

1. Burung pleci yang baru ditangkap dari alam atau baru dibeli dari toko burung (bahan burung pleci), hendaknya jangan langsung disimpan dilingkungan rumah yang ramai. Hal ini yang dilakukan banyak orang, sehingga mengakibatkan jatuhnya mental burung pleci itu sendiri. Membangkitkan kembali mental burung pleci dapat memakan waktu cukup lama, sehingga kurang efektif.
2. Untuk 3 sampai 7 hari pertama (tergantung kecepatan pleci beradaptasi), gantangkan burung pleci dikebun yang sepi dan masih jarang dilalui orang. Hal ini untuk tahap awal adaptasi burung pleci dikandangnya. Lakukan kebiasaan ini sampai burung pleci terlihat cukup tenang jika didekati. Dari rumah ke kebun dan dari kebun ke rumah diusahakan dalam kondisi dikerodong. Untuk hari ketiga dan seterusnya kerodong dibuka sedikit dalam perjalanannya sampai tanpa kerodong.
3. Menginjak minggu kedua, biasakan penempatan burung pleci dilingkungan rumah. Setelah Pleci mengenali kandang dan pemiliknya, burung pleci sudah bisa dibiasakan dilingkungan perumahan yang dilalui orang. 
4. Lakukan perawatan harian seperti yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya diblog ini.

Dengan memperhatikan proses awal dari adaptasi burung pleci, karakter awal burung pleci dapat terjaga, dan penguatan karakter burung pleci pun dapat berhasil. Sehingga waktu pemeliharaan burung pleci pun dapat optimal dan tidak sia-sia.

0 Response to "Cara Membentuk Karakter Suara Burung Pleci"

Post a Comment