Cara Ampuh Atasi Serak Kenari dengan Daun Saga

Cara Ampuh Atasi Serak Kenari dengan Daun Saga

Gejala Suara Kenari Serak

Cara Ampuh Atasi Serak Kenari dengan Daun ...
Pada umumnya setiap binatang yang mengalami kondisi tidak bagus, pasti akan menunjukkan tanda-tanda kelesuan dan minimnya aktifitas. Terutama dalam pembahasan ini adalah pada burung kenari. Burung kenari merupakan salah satu burung yang rentan terhadap serangan penyakit. Entah itu bulu tidak rapih, radang  pada kaki, khususnya yang dibahas kali ini adalah kenari bersuara serak bahkan hampir hilang suaranya.
Serak pada kenari berarti ada gangguan pada pita suara burung kenari tersebut. Sehingga atas dasar pengamatan awal tersebut, dapat diambil langkah-langkah penanganan terhadap burung kenari yang serak tersebut.

Atasi Serak Pada Kenari

Sebagai langkah awal, pastikan pola perawatan burung kenari sesuai dengan standar kelayakkan. Yaitu kebersihan kandang, kecukupan nutrisi dari pakan kenari, tersedia air bersih untuk mandi dan minum burung kenari. Dengan pembiasaan pola perawatan burung kenari tersebut, tinggal sediakan ramuan daun saga untuk recovery pita suara burung kenari yang serak itu.
Daun saga merupakan daun tumbuhan merambat, berdaun kecil seperti bentuk oval, berbiji dominan warna merah dan ada sedikit hitam seperti bola mata. Jika sudah menemukan daun tersebut, ambilah beberapa helai, misal 3 atau 5 helai dari pucuk, lalu siram dengan air hangat secukupnya tempat air minum kenari, peras dan buang daun saga bekas perasan, sedangkan air perasan daun saga dijadikan sebagai pengganti air minum burung kenari.
Berdasarkan pengalaman penulis, tidak lebih dari satu minggu burung kenari akan bersuara normal lagi.

0 Response to "Cara Ampuh Atasi Serak Kenari dengan Daun Saga"

Post a Comment