Membuat racikan air minum untuk burung pleci

Jika pada tulisan lain Om Kicaw menyuguhkan tentang racikan pakan untuk burung pleci, sekarang Om Kicaw harus memenuhi janji Om Kicaw untuk menyampaikan tips meracik air minum untuk burung kacamata.
Faktor yang cukup penting selain mandi dan jemur, air minum juga ternyata berpengaruh terhadap suara burung pleci. Kicauan burung kacamata / pleci akan terdengar keras dan merdu jika kita bisa menjaga dan mengoptimalkan kerja pita suara pada burung pleci kesayangan kita. Ya... pita suaranya.
Membuat racikan air minum untuk burung pleci

Pita suara burung kacamata / pleci yang sehat dan baik, bisa mengeluarkan kicauan yang keras dan lantang. Mungkin kita hanya berfokus agar burung pleci yang hanya ngalas, bisa cepet ngeriwik, begitupun yang hanya ngeriwik ingin cepet ngerol dengan membuka paruhnya, begitu seterusnya agar burung pleci mengeluarkan gaya ketika berkicau, dan seterusnya, dan yang lainnya.
Untuk kali ini, kita fokuskan dulu pada kinerja pita suara secara optimal. Tips meracik air minum untuk burung pleci adalah:

  1. Rebus daun saga (bhs sunda) atau siram daun saga dengan air panas, aduk-aduk, dinginkan, berikan pada burung pleci sebagai air minumnya.
  2. Selain daun saga, kayu manis juga bisa mengoptimalkan suara. Caranya dengan merebus kayu manis tersebut, dan setelah dingin berikan pada burung pleci.
  3. Asam kawak atau asam jawa. Asam ini banyak dijual dipasaran dengan harga relatif murah. Ini pun sama dengan cara direbus atau cukup dengan air panas saja.
  4. Perasan air jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu obat tradisional indonesia yang masih sering digunakan orang untuk dijadikan sebagai obat batuk. Pada kasus ini, jeruk nipis dapat mengobati burung pleci yang serak.
  5. Sesekali bisa menggunakan ramuan siap pakai yang banyak beredar dipasaran. Namun, kembali pada asumsi kita, pilih yang jelas-jelas alami atau yang ada unsur kimianya?

Mungkin Om Kicaw bukan satu-satunya yang memberikan tips membuat burung pleci gacor. Tapi terkadang orang itu tidak semua ilmu diberikan. Bila temen-temen merasa tidak puas dengan tulisan ini, silahkan komen ya . . .

2 Responses to "Membuat racikan air minum untuk burung pleci"

  1. Om, mau tanya, pleci klo di krodong sehari gak papa yaa

    ReplyDelete
  2. Nulis script aja gak becus, ngaku2 bisa bobol bank. Anjing penipu kyk lu kebanyakan modus....dasar anak haram

    ReplyDelete